Pelayanan Buka 24 Jam, Hari Libur Tetap Buka
Beranda » Artikel Dunia Pusaka » Rahasia Mistis Tari Sintren

Rahasia Mistis Tari Sintren

Diposting oleh Dunia Pusaka

ASAL USUL TARI SINTREN

Sintren adalan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya di Cirebon. Kesenian ini terkenal di pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Rahasia Mistis Tari SintrenTengah, antara lain di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Jatibarang, Brebes, Pemalang,Banyumas,Kabupaten Kuningan, dan Pekalongan. Kesenian Sintren dikenal juga dengan nama lais. Kesenian Sintren dikenal sebagai tarian dengan aroma mistis/magis yang bersumber dari cerita cinta kasih Sulasih dengan Sulandono.

Kesenian Sintren berasal dari kisah Sulandono sebagai putra Ki Bahurekso Bupati Kendal yang pertama hasil perkawinannya dengan Dewi Rantamsari yang dijuluki Dewi Lanjar. Raden Sulandono memadu kasih dengan Sulasih seorang putri dari Desa Kalisalak, namun hubungan asmara tersebut tidak mendapat restu dari Ki Bahurekso, akhirnya R. Sulandono pergi bertapa dan Sulasih memilih menjadi penari. Meskipun demikian pertemuan di antara keduanya masih terus berlangsung melalui alam gaib.

Pertemuan tersebut diatur oleh Dewi Rantamsari yang memasukkan roh bidadari ke tubuh Sulasih, pada saat itu pula R. Sulandono yang sedang bertapa dipanggil oleh roh ibunya untuk menemui Sulasih dan terjadilah pertemuan di antara Sulasih dan R. Sulandono. Sejak saat itulah setiap diadakan pertunjukan sintren sang penari pasti dimasuki roh bidadari oleh pawangnya, dengan catatan bahwa hal tersebut dilakukan apabila sang penari masih dalam keadaan suci (perawan). sintren jg mempunyai keunikan tersendiri yaitu terlihat dari panggung alat-alat musiknya yang terbuat dari tembikar atau gembyung dan kipas dari bambu yang ketika ditabuh dengan cara tertentu menimbulkan suara yg khas.

Sintren diperankan seorang gadis yang masih suci, dibantu oleh pawang dengan diiringi gending 6 orang. Dalam perkembangannya tari sintren sebagai hiburan budaya, kemudian dilengkapi dengan penari pendamping dan bodor (lawak).

Kata Sintren di bangun oleh 2 kata yaitu si dan tren, “si” atau “ia” dan tren atau tri yang berarti “putri”, jadi arti dari sintren adalah “ia putri”, maksud nya yang sebenarnya menari bukan lah si penari sintren, namun roh seorang putri, yaitu sulasih, atau biasa di sebut Rr. Ratnamsari.Rahasia Mistis Tari Sintren

MAKNA TARI SINTREN

Makna simbolis pertunjukan sintren terdapat pada struktur pembentuk pertunjukan yang meliputi:

1) pemain atau pelaku yang memfokuskan pada penari sintren
2) perlengkapan pertunjukan meliputi kurungan, kemenyan, sesaji, tali dan doa
3) Gerak
4) Iringan dan Tembang
5) Tata rias wajah rambut dan tatarias busana
6) Penonton yang mengikuti adegan temohan dan balangan

pertunjukan sintren diawali dengan penari sintren yang diikat tangannya oleh pawang kemudian dimasukan ke dalam kurungan. Penari sintren dapat berhias didalam kurungan sempit dalam keadaan tangan terikat dengan waktu yang singkat dan tak sadarkan diri. Setelah ditandai dengan bergetarnya kurungan, keluarlah sosok wanita cantik dari balik kurungan lengkap dengan kacamata hitam siap menari tanpa sadarkan diri (kesurupan).

Dunia Pusaka search:

  • rahasia sintren

Bagikan informasi tentang Rahasia Mistis Tari Sintren kepada teman atau kerabat Anda.

Rahasia Mistis Tari Sintren | Dunia Pusaka Sakti

Komentar dinonaktifkan: Rahasia Mistis Tari Sintren

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan