Pelayanan Buka 24 Jam, Hari Libur Tetap Buka
Beranda » Artikel Dunia Pusaka » Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo

Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo

Diposting oleh Dunia Pusaka

Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo

Presiden Joko Widodo meresmikan Museum Keris Nusantara di Solo, Jawa Tengah, Rabu (9 Agustus 2017). Museum yang mulai dibangun pada 2013 itu itu menyimpan 400-an keris serta senjata tradisional lainnya dari penjuru Indonesia.

Dalam pidato peresmiannya, Presiden Jokowi berharap museum itu menyentuh generasi muda yang semakin menjauhi produk-produk seni kebudayaan asli Indonesia. “Anak muda sekarang jarang memegang keris ya. Padahal keris adalah warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai filosofis sangat tinggi,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Solo

Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Solo

Apalagi, organisasi UNESCO sudah mengukuhkan keris sebagai warisan budaya dunia non-bendawi manusia (intangible). Oleh sebab itu, meskipun Indonesia terus mengejar kemajuan, namun tidak boleh tercerabut dari tradisi. Tidak boleh meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa.

Pendirian Museum Keris Nusantara menjadi salah satu bentuk Indonesia terus menjaga, melestarikan warisan budaya bangsa. “Dengan kehadiran museum ini, saya berharap kita bisa bersama-sama melihat perjalanan sejarah keris, tombak atau pedang dan lain-lain yang merupakan bagian seni budaya kita Indonesia,” ujar dia.

Peresmian museum yang dibangun bersumber pada dana APBN, APBD dan donatur tersebut sendiri disimbolisasikan dengan menggunting pita oleh Jokowi. Usai itu, Presiden menuju ke lantai lima museum untuk melaksanakan peninjauan.

Hadir dalam peresmian museum, Wali Kota Solo F.X Rudyatmo, Guernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki. Acara peresmian museum itu juga sekaligus mengakhiri agenda kunjungan kerja Presiden di Jawa Tengah. Pada Rabu sore, Jokowi dan rombongan langsung bertolak ke Jakarta.

Pidato Jokowi Dalam Peresmian Museum Keris Nusantara

Dalam pidato peresmiannya, Jokowi berharap museum itu menyentuh generasi muda yang semakin menjauhi produk-produk seni kebudayaan asli Indonesia.

“Artinya, walaupun kita berupaya mengejar kemajuan, tetapi kita tidak boleh tercerabut dari tradisi kita, tidak boleh meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa. Untuk itu, sudah seharusnya dan sudah sepantasnya kita terus menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa, termasuk keris,” tuturnya.

“Nilai-nilai filosofi-filosofi yang ada di keris itulah yang menyebabkan mereka kagum dan mengoleksi keris-keris kita,” ungkap Jokowi seraya menambahkan, dirinya memiliki banyak koleksi, yang nantinya akan ia berikan untuk museum ini.

“Dihibahkan, biar dirawat oleh museum. Saya tidak sanggup merawat sendiri,” ujarnya.

Jokowi berharap, Museum Keris Nusantara ini bisa menjadi wujud penghargaan kita terhadap seni budaya sekaligus sumber inspirasi nilai-nilai budaya Jawa, nilai-nilai budaya Nusantara, karena setiap suku pasti memiliki senjata tradisional.

“Seperti suku Dayak yang memiliki Mandau, Aceh memiliki Rencong, Sunda dikenal dengan Kujang, Sulawesi Selatan memiliki Badik, dan semuanya menjadi kekayaan seni budaya Nusantara yang harus terus kita jaga dan kita lestarikan,” pungkas Jokowi.

Bagikan informasi tentang Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo kepada teman atau kerabat Anda.

Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo | Dunia Pusaka Sakti

Komentar dinonaktifkan: Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan