Pelayanan Buka 24 Jam, Hari Libur Tetap Buka
Beranda » Artikel Dunia Pusaka » Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo

Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo

Diposting oleh Dunia Pusaka

Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo

Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo

Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara Di Solo

Presiden Joko Widodo akan menghibahkan sejumlah keris miliknya ke Museum Keris Nusantara. Salah satunya adalah keris yang diberikan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, beberapa waktu lalu. “(Akan saya berikan keris) salah satunya yang kemarin disampaikan oleh PM Belanda, akan saya bawa nanti pas ke Solo lagi,” ujar Jokowi saat meresmikan Museum Keris Nusantara, Rabu (9/8/2017).

Tidak hanya itu, Jokowi juga akan menghibahkan keris koleksi pribadinya ke Museum Keris Nusantara. “Termasuk keris-keris yang saya punya, saya simpan di sini saja sudah. Dihibahkan, dirawat oleh museum. Saya juga enggak sanggup merawat sendiri,” ujar dia.

Usai acara peresmian, para pewarta menanyakan, jumlah keris yang dikoleksi Jokowi. Namun, Jokowi tidak menjawab rinci. “Wah, enggak hitung,” ujar dia.

5 Keris Jokowi Dihibahkan Di Museum Keris Nusantara

Presiden Joko Widodo merasa senang dengan diresmikannya Museum Keris Nusantara. Sebab museum ini telah direncanakan pembangunannya sejak 2013. Untuk melengkapi koleksi keris di museum ini, Joko Widodo (Jokowi) akan menghibahkan keris koleksinya untuk disimpan museum keris nusantara. Harapannya koleksi dari keris di tempat ini semakin beragam.

Setelah Museum Keris Nusantara berdiri, Jokowi menghibahkan sekitar lima keris untuk ditaruh di sana. “Nanti saya antar langsung deh ke Pak Wali (Wali Kota Surakarta). Mungkin saya mau, saya kirim satu, dua, tiga, mungkin lima lah,” ujar dia.

Dia merasa sudah harus menyimpan keris-kerisnya di Museum karena terlalu berat untuk mengurusnya sendiri. Jokowi mengakui memiliki koleksi keris cukup banyak. Namun dia enggan menyebutkan berapa banyak keris yang dimiliki. Ketika Jokowi melihat ada keris yang memang menarik perhatiannya, dia langsung membelinya.

Menurut Jokowi, banyak hal unik bisa dipelajari dari senjata tradisional tersebut. Pertama, keris memiliki banyak nilai filosofi. Filosofi ini mampu memperlihatkan apa yang sang mpu-mpu keris lakukan dan dialami ketika membuat keris tersebut.

Kedua, sebagai masyarakat yang memiliki ragam budaya sudah menjadi keharusan untuk merawat, menjaga nilai-nilai tradisi dan budaya yang berkaitan dengan apa yang dimiliki. Museum Keris Nusantara memiliki sekitar 409 koleksi yang terdiri keris, pedang, dan tongkat atau tombak.

Koleksi ini bisa bertambah karena masih banyak masyarakat yang ingin menghibahkan atau sekedar menyimpan koleksi senjata tradisional mereka di museum ini. Jokowi pun berterimakasih atas keinginan masyarakat yang mau menghibahkan atau meminjamkan kerisnya.

 

Bagikan informasi tentang Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo kepada teman atau kerabat Anda.

Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo | Dunia Pusaka Sakti

Komentar dinonaktifkan: Jokowi Hibahkan Keris Koleksi Pribadi Ke Museum Keris Solo

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan